Kamis, 04 November 2010

pengolahan citra pertemuan 4

gambar 1.



gambar 2.



proses gambar 1 :

buka aplikasi photoshop.

klik menu file > new
atur RGB dengan 
W : 400 px dan H : 200 px, 
dengan warna isian putih.

buat chanel baru dengan nama alfa 1.

gunakan type tool, untuk membuat text nama masing-masing
dengan warna foreground putih.
(font : nadine, size :130 point)

klik select > deselect

gunakan filter > blur > gaussian blur
dengan radius 3 px.

tekan ctrl + klik channel alfa1
perluas seleksi dengan memilih 
select > midofy > expand
gunakan expand by : 3px.

klik filter > pixelate > color halftone
dan isi max radius 5 px.

klik select > deselect.
 klik channel RGB.

muat seleksi dengan select > load selection dan pilih source channel alfa 1.

buat foreground menjadi warna merah terang.
 R : 255 
 G : 0 
 B : 0.
isi selection dengan warna foreground

klik edit > fill dan pilih konten use : foreground color.

klik menu select > deselect.

save as psd file.
********************

proses gambar 2 :

klik menu file open cari file pilih.psd
klik menu > view > fit on screen

klik rectangle marquee tool 
klik salah satu sudut gambar kucing,
lalu seret untuk membuat kotak putus-putus yang memilih kotak dengan gambar kucing

klik menu image > adjustment > color balance
naikan nilai warna merah menjadi 60, turunkan nilai warna hijau menjadi -30.
klik ok.

klik select > deselect

klik marquee tool, gunakan untuk memilih kotak badan dari kereta mainan pada bagian atas foto.

klik panah kecil di pojok bawah kanan icon rectangle marquee tool, lalu ganti dengan elips marquee tool

letakan pointer mouse pada titik tengah, roda kiri milik kereta mainan.
tekan dan tahan shift,
 lalu klik dan tahan tombol mouse.masih sambil menekan shift, 
 tekanlah alt lalu gerakan pointer mouse menjauh hingga seluruh lingkaran roda tersebut terpilih.
 lepas tombol mouse dan kedua tombol keyboard, 
 ulangi langkah yang sama untuk roda kanan kereta

pilih polygon lasso tool tekan dan tahan alt, 
ikuti bentuk dan sisi atas badan kereta,
 serta klik pada tiap sudutnya. 

gerakan pointer keluar badan kereta lalu klik ganda untuk mengakhiri proses pengurangan ukuran bingkai.

klik image > adjustment > brigtness/contrass.

geser nilai kontras ke kanan untuk menaikan contrass bagi badan kereta sehingga terlihat lebih menonjol. 
klik ok.

klik menu > select > deselect

klik magic wand tool, klik rambut boneka berwarna kuning, ubah nilai toleran dari 32,  jadi 80. 
sekali lagi klik rambut boneka, 
tekan dan tahan ctrl + alt +shift,
 lalu klik drag rambut boneka ke kepala boneka yang di tengah.

 klik menu select  > feather , ketikan nilai 7 pada ardius, 
 klik ok.

sekali lagi tekan  dan tahan ctrl +alt+shift, 
lalu klik drag rambut boneka yang ada ditengah ke kepala boneka yang belum berambut.
tekan tanda panah pada keyboard
guna mendapat posisi yang pas pada kepala boneka ketiga. 
non aktifkan selection melalui menu > view > show > selection edges.

klik menu image > adjustment >hue / saturation, 
geser nilai hue untuk mendapat warna rambut yang berbeda (merah).
 lalu klik ok.

masih menggunakan magic wand tool, sekarang pilih huruf "Z" yang berwarna hijau,
coba gunakan nilai 20 untuk tolerance.

pilih select > similar untuk memilih seluruh bagian foto yang berwarna sama dengan huruf Z.

klik rectangle marquee tool, tekan dan tahan alt,
 lalu pilih daerah yang tidak diingin seperti huruf L dan A
 klik swatche palette pada kelompok warna.
 pilih disalah satu warna misal ungu muda.
tekan tombol alt + backspace sekali untuk mengisi warna pilihan

klik menu select> deselect.

klik file save as.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar